Saturday, August 27, 2011

Pesan Bapak BJ Habibie kepada Komisi 1 DPR RI

Berikut adalah catatan jurnal pribadi almarhumah Ibu saya Yoyoh Yusroh dalam rapat dengan Prof.Dr BJ Habibie di komisi 1 DPR RI bulan Januari 2011 yang lalu, yang tersimpan di dalam ipadnya. Saya ingin berbagi untuk pembaca blog saya yang sedikit, semoga bermanfaat.

Saya org tua tapi saya tidak buta, saya bersedih banyak industri strategis yang sudah dibuat diterlantarkan
Saya tidak setuju akan dibuat lapangan golf di dekat puspitek
Kenapa saya datang ke komisi 1, padahal saya baru pulang dari surabaya pukul 10 tadi malam dan baru dapat tidur pukul 1 pagi, karena saya pikir Anda sama dengan orang tua anda....saat yang tepat anda membuat undang-undang ini...
Karena partai yang ada belum tentu 20 tahun yang akan datang masih hidup

Kata bung Karno, kita harus menguasai dan mandiri dalam industri strategis, industri maritim dan industri dirgantara....

Casa itu kecil, tapi persiapan untuk membuatnya sama dengan persiapan membuat Airbus A-300
Mereka bilang kita tidak mentolerir -akan ada Jepang kedua di Asia yaitu Indonesia...saya dengar sendiri kata-kata itu....

Perjuangan anda berat...tapi teruskan untuk kepentingan rakyat

Pesawat tempur...hati hati....
Biasanya pembelian pesawat pertimbangannya:
1. Misinya 2. Savety 3. Cost
Kalau saya, savety dulu, baru cost kemudian misinya.

Kita ini keturunan bangsa penjuang yang tidak mengenal kata menyerah

Anak-anak kita saat ini ada di Eropa, Amerika, Brazil, Turki, dll. Tolong mereka disiapkan untuk berjuang di tanah air, enak benar mereka anak anak kita, kita yang membiayai kita besarkan, setelah pintar mereka dipakai negara lain.
Saya tugaskan orang saya untuk berkordinasi, dimana anak-anak pintar kita sekarang ini, di perusahaan mana mereka berada, perusahaannya seharusnya membayar kepada lembaga yg menyekolahkan mereka. Saya tahu orang tua mereka juga tahu anak anaknya yang pintar itu merupakan ttitipan Allah SWT.

Orang ingin merdeka dan bebas
Banyak negara yang bebas tapi tidak merdeka.
Ada juga negara yang merdeka tapi tidak bebas.
Jangan kira Bung Karno tidak merindukan kebebasan
Jangan kira pak Harto tidak merindukan kebebasan..

Yugoslavia dulu satu sekarang jadi 7... Dulu 1 negara sekarang terpecah menjadi 7 negara.
Soviet sekarang hancur, Jerman bebas karena ditebus dengan 2 kali perang saudara
Saya apresiasi jika anda dapat membuatnya sekarang, mumpung saya masih bisa melihat yang salah....

Ada yang saya rindukan adalah saya belum bisa ikut dengan ibu Ainun...

Friday, July 22, 2011

Model United Nations (MUN)



For all international relations, law, political sciences, economics, and other social sciences students, Model United Nations is not a strange thing at all, you must have heard about it somewhere somehow, if you have not, are you sure you're studying in that area? and which planet do you live? hehe

Its a cool international conference that will give you an addiction to participate again and again and make more and more amazing friends from different countries who shared similar view of international organizations like the Unite Nations, international political and economic affairs, general population of the global problems, and all that stuffs.

First time I heard about it in Balkan Case Challenge, there is a simulation of European Council, similar to MUN but for European Union. Then I asked my friend Afie about the MUN how to and decided to try it.

What is Model United Nations?

“Model UN“ is a simulation of the work of UN bodies, programme and funds bodies, which has been implemented in more than 70 countries, as a means of learning about world problems and ways to resolve them, within the framework of the UN.

In this educational simulation students take over the roles of diplomats, representing different countries, and discussing specific themes that are mentioned in the agenda. Participants, as delegates, develop strategies, prepare resolutions, negotiate, solve conflicts, lobbying, following the procedures of the UN.

Simulating international organizations began before the establishment of the United Nations, when students held a series of League of Nations (the predecessor of United Nations) Models in the 1920s.

MUN encourages students and young people interests for international relations and related subjects, increases the capacity of students to engage in problem solving, teaches aspects of conflict resolution, research skills, and communication skills, and offers the opportunity to meet new people and make new friends.

Its not only involves young people in the study and discussion of global issues, but also encourages the development of skills useful throughout their lives, such as research, writing, public speaking, problem solving, consensus building, conflict resolution and compromise and cooperation.

There is also a global MUN, the biggest annual MUN, where most countries will be represented and more participant could attends through more strict selection, but I will not talk about it here since I don't have any experience of it and I'm not interested in global MUN.

The people in a MUN:
1. Executive Committees (Organizer)
Could be a bunch of high profiles students or MUN veteran, which mostly done by students members involvements, and could be an association of relevant institutions or even ministries.

2. Committees
This is the committees within the United Nations: General Assembly, Security Council, Human Rights Council, UNESCO, Economic and Social Council, International Court of Justice, and sometime with other combination of additional committees like The Councils of EU, the news paper or media.

3. Chairpersons
The people in charge of the meeting, they moderate and control the meeting to keep it in manner and stop the crazy bastard who speaks too much and out of the topic. Usually with the vice chair, and rapporteur,

4. Delegate(s) (Individual or team)
There are two types of MUN, an individual delegate, where each person represent a country, this way you have to do everything all by your self. And the other type of MUN is a collective delegates, where one country will be represented by 2 or 3 delegates they work as a team that support each others. The delegates have the rights to vote.

5. Observers
They have the rights to attend the meeting but they dont have the rights to vote, usually they are the NGOs, media and journalist, or UN programme and fund observer.

5. Sponsors
Ranging from the airlines companies who will give you discount of price, municipality where the MUN help, to ministries, foreign affairs and tourism. A well organized MUN will get a lot of sponsors that beneficial for both organizers and participants.

The activities:
1. Selection process and criteria
The selection process usually so easy, you just have to apply online and submit your application form together with your CV and motivation letter, you choose the committee, the country you would like take. Anyone can join any MUN if you can pay the fee to the conference not so expensive ranging from 75-150 Euros for 3-5 days conferences, and you are free to choose any country if its not taken yet. The selection process might be hard for applications committee because they are thousands of applicants trying to apply, they will consider your experiences, the country you come from, motivation, and your ability to fulfill all the application requirements. So if you are selected, then you actually can beat hundreds applicants depend on how good and how big the MUN was.

2. Preparation and position paper
Today all the MUN preparation for selected participants will be organize, announcement about the topics of every committees the rules of procedure, the fee, the venue of meeting, etc, corresponded through websites, email, and facebook. Every delegates should prepare the position paper as a proof that you are serious, and have an idea about the topic that will be discuss and debate during MUN. Even if you are a team, each delegate should prepare their own position paper.

3. Opening speeches
After the opening and introduction of the topic by the chair of the committee every country should deliver their opening speech as a position statement of that country on the topic. This is a very brief speech usually only about 2-3 minutes. If you are a team, only a delegate will deliver this speech.

4. Present and voting and Rules of Procedures
When the chair taking attendance of each countries in the committee they should raise the placard and say "Present and voting". If you are a delegate of observer body only say "present". The rules of procedures is the guiding book for procedures of the meeting to run in moderated and civilized manner according to the rules. Mostly similar to every MUNs. This RoP include the motions, if you believe something is not in accordance to RoP, there is something disturb you, or you want to leave the room, want to ask something, you want to end the meeting, or suspend it, or if want to propose a vote, you can introduce the motion.

5. Endless, tiresome, boring, and recursive debates on the topic :D
This is what we hate the most. Everybody wants to talk, everybody wants to show off, everybody lost focus, everybody talks drunks, everybody talking out of the topic, some people late and there is a punishment, some people break the rules of procedures and wrong motions. MUN is a very exhausting conferences from morning until evening for several days, its normal if you do one of these things mentioned above.

6. Writing working papers, draft resolutions, lobbying, writing resolutions, and voting
For new comers it could be a little bit confusing, but for experienced ones, the MUN junkies also its boring, you are gonna let someone to write a working paper first and then anyone will try to ask you to join to make it a draft, after they introduced the drafts

6. Social events (Party and after party)
The most interesting part of MUN is definitely social events, like the fair where you can introduce some countries traditions and cultures, and partying all night long :D
Many participants will coming late the next morning or still have hang over because of the party last night.. terrible idea, why they can't wait until MUN is over :D Lucky for me I don't drink at all :)

7. Making new friends, connections, and relations
You can do this better during the social events, in lunch or dinner, and during the break during the conferences....

8. Sightseeing to the city which host MUN all around the world
If you are traveling from different countries. The bonus for every MUN is when you have free time before or after the MUN, or in between conferences you are so not want to miss the opportunity for sightseeing the wonderful and amazing cities each MUN could offers (not interesting for the locals anymore)

The participants:
1. New comers
in every MUN there will be new comers who join the MUN for the first time, they have no experience in any MUN before so they tend to be fun, messed up and make MUN interesting :D

2. MUN Junkies
MUN junkies are the people you always see their faces whenever you go to MUNs in many countries, especially in mainland Europe where you can travel easily without significant barrier of visas and passport checking.

3. Veteran
These people are the MUN junkies who getting tired of just participating either as delegates or chairs, so they organize the new MUN. Every year some new MUN is open, some have a break because of their failure in the previous one or lack of preparation for this year, some MUN is on and off like a light bulb.

So far I only come to 2 MUNs only and I'm not interested to join more MUN again, unless.....
I think my MUN experience will ends here. Ciao :)

Here is some pictures during my MUN experience:
pictures tell you a million stories ;)

BIMUN (Belgrade International United Nations, Serbia) www.bimun-unaserbia.org

We represented People Republic of China
(from left to Right: Jovana Lakic from Serbia, Bruno Andrade Brandao from Brazil, and Me)


Writing a draft resolutions




Lobbying

MILMUN (Milan International Model United Nations, Italy) www.milmun.org


The honorable delegate of Switzerland

In Bocconi University Milan

MILMUN logo


MUN Calendar
You can check the MUN calendar to see the dates and there is a link to open their official websites to register and participate in any MUN you like.


Saturday, June 11, 2011

Almarhumah Ummi Yoyoh Yusroh: Tanda-tanda sebelum beliau meninggal, kronologis, dan prosesi pemakamannya

Ditulis oleh Huda Robbani at Twitter @hudarrr 28 May 2011

Pengen menunaikan janji utk kultwit ttg nyokap dengan hashtag #BundaYoyoh :)

Bertepatan dgn seminggu kepergiannya ini, scr umum saya akan kultiwt ttg tanda2 sblm beliau meninggal, kronologis, dan prosesi pmkmnnya

Smg bs menjawab bbrp hal dan meluruskan apa yg krg benar. Selamat menyimak..

Pertama, mengenai beberapa pertanda yg tdk biasa dr #BundaYoyoh sblm kepergiannya

1. #Tanda1: Sebulan yg lalu, tdk biasanya Ummi mandi di kantor dan mengenakan minyak wangi byk2 #BundaYoyoh

2. Lalu Ummi nyeletuk ke asprinya di DPR (Mb Effie): "Fie, kyny sbntr lg aku meninggal deh. Mkny aku bersih2. Siap2 ktm Allah" #BundaYoyoh

3. Mbak Effie hny menyahut: "Masa sih bu?" Menganggap itu hny candaan #BundaYoyoh

4. #Tanda2 Setahun belakangan, Ummi jg sering tiba2 bilang ke Abi: "Bi, abi siap gak kalo Ummi nanti meninggal?" Abi diam #BundaYoyoh

5. Lalu lanjut Ummi: "Kalau Ummi Insya Allah siap. Tapi gmn dengan Abi dan anak2?" #BundaYoyoh

6. #Tanda 3: Bbrp hari sblm kejadian, di rumah Mak Haji (nenek saya, ibunya Ummi) di Tangerang yg skrg jd tmpt ummi dimakamkan #BundaYoyoh

7. Tdk biasanya didatangi sgerombolan burung2 kecil. Org2 heran&bertanya ke Mak Haji: "Mak, akhir2 ini knp byk bgt burung ya..?" #BundaYoyoh

8. Mak Haji jawab, "Iya nih..Kalo kata org dulu sih, tandanya bakal ada org besar yg meninggal" :) #BundaYoyoh

9. #Tanda4: Tgl 17 Mei 2011, Ummi sempat merekam satu video nasehat utk ditayangkan di suatu acara #BundaYoyoh

10. Tdk disangka, video yg tanpa skrip itu merupakan rekaman trkhr Ummi semasa hidup #BundaYoyoh

11. Dan di akhir nasehatnya Ummi bilang: "Insya Allah kita akan bertemu di syurga" :) #BundaYoyoh

12. Video perpisahan trsbt dpt disaksikan disini http://bit.ly/j10X35

#BundaYoyoh

13. #Tanda5: Tgl 18 Mei 2011,sy&kakak2 sy yg tertua tiba2 dpt email(trkhr)dr Ummi pkl 08:31 WIB dgn sub: Nasehat utk Sang Putera #BundaYoyoh

14. Email tsb brisi wasiat2/nasehat2 panduan hidup yg sgt mnyntuh. Abg sy @aizzajundana mempostnya disini -> http://bit.ly/mdJ1Xr

#BundaYoyoh

15. #Tanda6: Ummi smpt memesan ke asprinya ratusan box snack utk 'acara' hr Sabtu 21 Mei pkl 10:00 WIB #BundaYoyoh

16. Ketika belakangan dicek, kt sadar bhw Ummi sdg ga pny agenda jam segitu. Dan blkgn jg kita sm2 tahu #BundaYoyoh

17. Bahwa Sabtu 21 Mei pkl 10:00 WIB kmrn itu adalah saat jenazah Ummi tiba di tmpt persemayaman (Kalibata) #BundaYoyoh

18. Sehingga akhrnya snack itu digunakan utk konsumsi para pelayat #BundaYoyoh

19. #Tanda7: Ketika di Magelang, 2 hr sblm kecelakaan, keluarga disana mencoba utk mengabadikan foto Ummi sendirian #BundaYoyoh

20. Namun entah knp ketika sdh dipotret hasilnya gagal/tdk terpotret. Hanya ada sekelebatan putih tanpa wajah Ummi #BundaYoyoh

21. Itu terjadi 4x berturut2. Pdhl ktika memotret anggota keluarga yg lain selalu brhsl. Bgitu jg ktk Ummi dipotret tdk sndirian #BundaYoyoh

22. #Tanda8: Bbrp org yg bertemu Ummi 1-2 hr sblm kecelakaan trjd, mmbrikan testimoni bhw mrk melihat Ummi menjadi bgitu berbeda #BundaYoyoh

23. Jadi lbh byk senyum, lbh byk bercanda, terlihat spt lebih awet muda. Ada yg blg Ummi spt berusia 30 thn pdhl usianya 48 thn #BundaYoyoh

24. Dan trdpt bbrp tanda2 lainnya yg bs di-share lain kali, blm semua narasumber cerita jg soalnya :) #BundaYoyoh

Skrg masuk ke bagian kronologi kejadian

25. Ummi brgkt ke Yogya Rabu, 18 Mei 2011 utk menghadiri wisuda @bangumar, abang saya, anak pertama #BundaYoyoh

26. Sengaja melalui perjalanan darat krn ingin silaturrahmi ke Magelang, rmh Eyang Gatot. Kakeknya Abi & mnghdr prnkhn khadimah. #BundaYoyoh

27. Rombongan trdr dr 2 mbl. Mbl Innova hitam trdiri dr Abi,Ummi,Umar (putra1), Sholah (5), Ayyasy (8), KongBun&Hanafi (driver) #BundaYoyoh

28. Stlh wisuda, rombongan smpt ke Magelang silaturrahmi dan mlnjtkn ke pernikahan mbak di rmh yg menikah di blgn Jabar #BundaYoyoh

29. Akhirnya prjlnn dilanjutkan menuju Jakarta melalui tol Palikanci, Cirebon tsb #BundaYoyoh

30. Pada Sabtu dinihari sktr pkl 2, mendadak Pak Hanafi mengantuk, adik saya yg nmr 5 (Sholah) berinisiatif menggantikan #BundaYoyoh

31. Posisi duduknya saat itu adik saya menyetir, disblhnya (dpn kanan) Pak Hanafi. Di tengah kiri Ummi, di tengah kanan Abi #BundaYoyoh

32. Sementara di blkg (dari ki-ka) Ayyasy, Umar, dan Kong Bun #BundaYoyoh

33. Ummi mmg selalu duduk di kursi tengah bagian kiri setiap naik mobil. Itu lokasi favoritnya #BundaYoyoh

34. Di pojok yg sama pula Ummi selalu tilawah/muraja'ah hafalan Qur'annya setiap naik mobil #BundaYoyoh

35. Pada saat kejadian, Ummi mmg tdk mengenakan seatbelt. Abi yg biasa mengingatkan jg lupa mengingatkan Ummi #BundaYoyoh

36. Mobil melaju kencang dgn kecepatan konsisten 120 km/jam, seisi mobil tidur kecuali adik saya yg menyetir #BundaYoyoh

37. Tiba di tikungan tajam lokasi kejadian, adik saya yg sdg tdk dlm kondisi mengantuk mendadak krg antisipastif di tikungan tsb #BundaYoyoh

38. Salah persepsi krn dikira hanya tikungan biasa, bukan tikungan tajam #BundaYoyoh

39. Di tambah saat itu penerangan redup, shingga mata mnjd kurang jeli #BundaYoyoh

40. Karena kaget dan reflek ingin melakukan penyelamatan agar mobil tdk terbalik, adik sy smpt membanting setir #BundaYoyoh

41. Namun tetap kecelakaan tdk bs dihindari, sehingga mobil menabrak pembatas jalan (beton) yg mengenai mobil bag. kiri #BundaYoyoh

42. Tabrakan trjd sgt hebat dan keras, kontan seisi mobil terbangun. Warga berteriak kaget & berduyun dtg #BundaYoyoh

43. Dlm keadaan tsb, sktr 5 menit pertama seisi mobil shock. Kong Bun yg ada di blkg Abi mendadak sdh di tgh #BundaYoyoh

44. Seisi mobil sesak nafas dan tdk tahu hrs berbuat apa. Sholah yg menyetir lgsg buka pintu. Kondisinya tdk knp2 #BundaYoyoh

45. Ia tdk luka sdktpun. Yang lain jg blm merasakan dampak apa2, msh diliputi rasa shock #BundaYoyoh

46. Ummi yg saat itu di tgh bagian kiri mengalami dampak yg plg kuat. Beliau terbentur bagian dpn mobil dgn posisi kepala lgsg #BundaYoyoh

47. Ditambah trdpt dorongan dr blkg,jok lepas shgg dia jatuh tersungkur. Stlh kcelakaan abi smpt membenahi posisinya kmbl ke jok #BundaYoyoh

48. Namun di dahi Ummi sdh mengucur darah, Abi menduga itu hny luka biasa. Nmn sbnrnya kmgknn Ummi tgh mengalami pendarahan #BundaYoyoh

49. Smntr warga yg berduyun2 mencoba mencari pertolongan, dan mencoba membuka pintu disisi ummi dgn linggis dsb #BundaYoyoh

50. Dalam keadaan spt itu, Ummi msh dlm keadaan sadar dan mengabsen anak2nya satu persatu. "Sholah mana? Masih hidup ga?" Dll #BundaYoyoh

51. Ia mengira kondisi yg lain lbh parah dari dirinya. #BundaYoyoh

52. Kemudian tiba2 Ummi smpt mnjd 'agak emosional' dan bilang: "Aduh dada Ummi sakit. Rasanya spt mau meninggal" #BundaYoyoh

53. Kontan Abi & seisi mobil mengingatkan: "Istighfar mi". Umi berucap "Astaghfirullahaladzim" #BundaYoyoh

54. Ummi tiba2 juga berucap: "Abi, Ummi sedang sakaratul maut". Abi dan seisi mobil krg percaya nmun bilang "Nyebut mi..." #BundaYoyoh

55. Lalu Ummi berucap "Asyhadu anlaa ila hailallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah" dgn lancar #BundaYoyoh

56. (Di titik ini kami lega krn trnyt Ummi telah mengucap syahadat) #BundaYoyoh

57. Trs berulang. Menunggu ambulans datang, Ummi senantiasa menyender di bahu Abi dgn trs berdzikir #BundaYoyoh

58. Ambulans pun datang. Semua yg terluka dibawa masuk terlebih dahulu #BundaYoyoh

59. Dalam perjalanan Ummi sdh dlm keadaan tenang tnp suara, yg lain beristirahat. #BundaYoyoh

60. Namun adik saya yg nomor 8 (Ayyasy) sempat melihat tiba2 dengkul Ummi terangkat dgn sendirinya sebanyak 2x #BundaYoyoh

61. Pada saat itulah kmgknn malaikat pencabut nyawa sdg melaksanakan tugasnya #BundaYoyoh

62. Ketika Sholah dan Pak Hanafi yg belakangan menyusul tiba di RS, jasad Ummi sdh ditutup kain seluruhnya #BundaYoyoh

63. Ummi ternyata telah wafat, menghembuskan nafasnya yg trkhr sktr pkl 03:30 WIB di RS Mitra Plumbon Cirebon #BundaYoyoh

64. Innalillahi wa inna ilaihi raajiun. Umi tlh wafat. Sontak keluarga menangis & mengabari smw pihak utk mengurus pemakamannya #BundaYoyoh

Skrg saya akan msk ke bagian prosesi prsmymn - pemakaman almrhmh

65. Kabar duka mengenai wafatnya Ummi tlh cpt menyebar, baik lwt tv, radio, internet, sms dsb #BundaYoyoh

66. Telah direncanakan utk prosesi persemayaman akan dilakukan di Masjid Baiturrahman Komplek RJA DPR RI Kalibata #BundaYoyoh

67. Smntr jenazah disepakati dimakamkan di rumah nenek saya di Batu Ceper, Tangerang ats permintaan keluarga nenek #BundaYoyoh

69. Mulai dr proses persemayaman hingga pemakaman, byk sekali respon yg dtg #BundaYoyoh

70. Byk sekali yg kehilangan dgn sosok Ummi. Pjbt, anggota dwn dr brbagai fraksi, tokoh nasional, politisi, ikhwah, msyrkt dsb #BundaYoyoh

71. Hal itu trlht jg dr ratusan karangan bunga dan jmlh pentakziyah yg membludak. #BundaYoyoh

71b. Termasuk ucpn belasungkawa dr slrh dunia, berbagai negara dunia #BundaYoyoh

71c. Ismail Haniya jg mengabarkan duka cita warga Palestina krn Ummi adlh WN Kehormatan Palestina #BundaYoyoh

72. Komplek DPR disesaki ribuan org pelayat. Sholat jenazah diadakan 2 shift, itupun 70% pelayat tdk kebagian #BundaYoyoh

73. Ketika jenazah Ummi diangkut ke ambulans, dan konvoi menuju Tangerang, #BundaYoyoh

74. Menurut Patwal yg mengawal, konvoi utama menuju pmkmn diikuti ratusan mobil dgn panjang iring2an lbh dari 3 km #BundaYoyoh

75. Begitu jg ktk di area pemakaman, belasan ribu org memadati lokasi, 80% diantarany tdk tertampung dan tdk bs masuk ke lokasi #BundaYoyoh

76. Alhmdllh itu menandakan Ummi adlh sosok yg begitu berarti bagi byk orang :') #BundaYoyoh

77. Saya pribadi smpt ikut di proses memandikan, mengafani, dan menyolatkan Almarhumah. Jnzh terasa sgt ringan #BundaYoyoh

78. Dan kami menyaksikan dgn sangat jelas bahwa Ummi meninggal dlm keadaan tersenyum :')http://lockerz.com/s/103761305

:) #BundaYoyoh

79. Alhamdulillah. Semoga itu merupakan pertanda yg jelas bhw beliau meninggal dlm keadaan husnul khotimah :) #BundaYoyoh

80. Kami dari keluarga jg alhamdulillah sdh bs mengikhlaskan kepergiannya #BundaYoyoh

81. Krn kami percaya dr berbagai tanda2 yg diberikan, dr bagaimana almarhumah semasa hidupnya beribadah, #BundaYoyoh

82. Mendidik kami dgn penuh kasih & cinta, mnjlnkn amanah yg diberikannya dgn baik, dan bgmn dia memberikan pengaruh & brbakti #BundaYoyoh

83. Yang luar biasa kpd masyarakat, adlh suatu hal yg memberikan byk hikmah #BundaYoyoh

84. Sehingga ketika Allah Yang Maha Kuasa lbh sayang kepadanya dgn memanggilnya terlebih dahulu, #BundaYoyoh

85. Kami hrs ikhlas dan tabah, serta mudah2an dpt mewujudkan harapan2nya kpd kami #BundaYoyoh #BundaYoyoh

86. Sekaligus meneruskan cita2nya yg belum tercapai. Smg kami bs seperti dia, #BundaYoyoh

87. Wanita luar biasa yg dr rahimnya telah mengandung dan melahirkan kami, yg tlh memberikan teladan kpd kami dgn caranya #BundaYoyoh

88. Mendidik kami dgn penuh cinta, keteladanan & keshalihatan yg luar biasa... #BundaYoyoh

89. Selamat jalan Ummi kami, Ummi Yoyoh Yusroh. Sang mujahidah syahidah. Ila liqo' :) #BundaYoyoh



Untuk mengenang almarhumah semasa hidupnya, ada 2 website yang didedikasikan untuk beliau:

1. www.yoyohyusroh.com

2. yoyohyusrohtestimoni.com

Monday, May 23, 2011

Nasihat untuk sang putera

Berikut adalah korespondensi saya yang terkahir melalui email dengan almarhumah ibu saya, ummi Yoyoh Yusroh, 3 hari sebelum beliau dipanggil oleh Allah SWT tanggal 21 Mei 2011 kemarin.
Nasihat terakhir dari ummi ini akan selalu kuingat.

Semoga amal ibadah ummi diterima di sisi Allah, dilapangkan kuburnya, diampuni segala dosa-dosanya, dan dimasukkan ke dalam surganya. Dan agar kami anak-anaknya, suaminya, dan keluarga serta kerabat terdekat dikuatkan dan diberikan ketabahan dalam melanjutkan hidup kami tanpa ummi yang sangat kami cintai. InsyaAllah cita-cita, keinginan, pengabdian, kerja keras, dan dawah ummi akan terus kami lanjutkan

Selamat jalan ummi, kami ikhlaskan kepergianmu. Semoga Allah menempatkan ummi di surganya yang mulia.

From: Yoyoh Yusroh
Date: 2011/5/18
Subject: Nasihat untuk sang putera
To: Aizza Jundana


Nasihat Seorang Arab Kepada Putranya
(Ukht/ Nayifah Uwaimir)

Wahai puteraku …
Agar engkau menjadi seorang raja yang berwibawa di hadapan manusia ..
Janganlah berbicara dalam berbagai urusan ..
Kecuali setelah mengecek kebenaran sumbernya ..
Dan jika seseorang datang membawa berita, cari bukti kebenarannya sebelum dengan berani engkau berbicara ..
Hati-hati dengan isu .. jangan percayai setiap yang dikatakan, jangan pula percaya sesuatu yang setengah engkau lihat ..
Dan jika engkau mendapatkan cobaan berupa seorang musuh .. hadapi dengan berbuat baik kepadanya .. tolak dengan cara yang lebih baik, niscaya permusuhan itu berubah menjadi cinta kasih

Jika engkau hendak mengungkap kejujuran orang, ajaklah ia pergi bersama .. dalam bepergian itu jati diri manusia terungkap .. penampilan lahiriahnya akan luntur dan jatidirinya akan tersingkap! Dan “bepergian itu disebut safar karena berfungsi mengungkap yang tertutup, mengungkap akhlaq dan tabiat”.

Jika engkau diserang banyak orang sementara engkau berada di atas kebenaran .. atau jika engkau diserang dengan kritikan-kritikan buruk .. bergembiralah .. sebab mereka sebenarnya sedang berkata: “engkau orang yang sukses dan berpengaruh”, sebab,
· anjing yang mati tidak akan ditendang,
· dan tidak dilempar kecuali pohon yang berbuah

Wahai puteraku ..
Jika engkau hendak mengkritik, biasakan untuk melihat dengan mata tawon lebah .. dan jangan memandang orang lain dengan mata lalat, sebab engkau akan terjatuh kepada perkara yang busuk!

Tidurlah lebih awal wahai puteraku agar bisa bangun lebih awal .. sebab keberkahan ada di pagi hari, dan saya khawatir kehilangan kesempatan mendapatkan rizki Allah yang Maha Penyayang disebabkan engkau begadang di malam hari, sehingga tidak bisa bangun pagi!

Akan aku ceritakan kepadaku kisah seekor kambing dan serigala, supaya engkau aman dari orang yang berbuat makar ..
Dan saat seseorang memberikan tsiqah-nya kepadamu, jangan sampai engkau mengkhianatinya!
Akan aku ajak engkau ke sarang singa .. akan aku ajarkan bahwa singa itu tidak menjadi raja hutan dikarenakan aumannya!!
Akan tetapi, karena ia berjiwa tinggi! Tidak mau memakan hasil buruan binatang lain, betapapun ia lapar .. dan perutnya melilit-lilit .. jangan mencuri jerih payah orang lain .. sebab engkau menjadi keji!

Akan aku ajak engkau menemui bunglon .. agar engkau menyaksikan sendiri tipu dayanya! Bunglon merubah warna dirinya sesuai dengan tempat ia berada .. agar engkau mengetahui bahwa yang seperti bunglon itu banyak .. dan berulang-ulang! Dan bahwasanya ada orang-orang munafik .. banyak pula manusia yang berganti-ganti pakaian .. dan berlindung dibalik alasan “ingin berbuat baik”.

Wahai puteraku ..
Biasakan engkau bersyukur .. kepada Allah! Cukuplah menjadi alasan untuk bersyukur kepada-Nya bahwa engkau dapat berjalan, mendengar dan melihat!
Bersyukurlah kepada Allah, dan syukuri pula manusia .. sebab Allah SWT akan menambah orang-orang yang bersyukur
Dan manusia senang saat mendapati seseorang yang diberi sesuatu lalu orang itu menghargainya!

Wahai puteraku .. ketahuilah bahwa sifat utama yang paling agung dalam kehidupan ini adalah sifat jujur!
Dan bahwasanya kebohongan, meskipun tampak memberi keselamatan .. namun jujur lebih berakhlaq bagimu! Dan bagi orang sepertimu!

Wahai puteraku …
Persiapkan alternatif untuk segala urusan .. agar engkau tidak membuka jalan kehinaan!
Manfaatkan segala peluang .. sebab peluang yang datang sekarang .. bisa jadi tidak akan berulang!!

Jangan berkeluh kesah .. aku harap engkau optimis .. siap menghadapi kehidupan ..
Jauhilah orang-orang yang putus asa dan pesimis, lari dari mereka! Dan jangan sampai engkau duduk dengan seseorang yang selalu memandang sial kepada segala hal!!

Jangan bergembira saat melihat orang lain terkena musibah .. jangan pula menghina orang karena postur atau penampilannya ..
Sebab dia tidak menciptakan dirinya .. dan saat engkau menghina orang lain, pada hakekatnya engkau menghina ciptaan dari Dzat yang Maha Mencipta dan Membuat bentuk rupa

Jangan membuka aib orang, sebab Allah akan membuka aibmu di rumahmu .. sebab Allah-lah Dzat yang menutupi .. dan mencintai orang yang menutupi!
Jangan menzhalimi siapa pun .. dan jika engkau hendak menzhalimi dan engkau merasa mampu menzhalimi, ingatlah bahwa Allah SWT lebih mampu!

Jika engkau merasa hatimu mengeras, usaplah kepala anak yatim .. engkau akan terheran-heran .. bagaimana usapan itu dapat menghilangkan rasa keras hati dari hatimu, seakan hatimu menjadi pecah dan melunak!

Jangan mendebat .. dalam perdebatan .. kedua pihak merugi.
Kalau kita yang kalah, kita merugi telah kehilangan kebesaran kita, dan jika menang, kita juga merugi, telah kehilangan orang lain yang menjadi lawan debat kita .. semua kita kalah .. baik yang merasa menang .. dan yang merasa belum menang!

Jangan monopoli pendapat .. yang bagus adalah engkau mempengaruhi dan dipengaruhi!
Hanya saja, jangan larut dalam pendapat banyak orang .. dan jika engkau merasa bahwa pendapatmu benar .. tegarlah dan jangan terpengaruh!

Wahai puteraku ..
Engkau dapat merubah keyakinan orang .. dan menguasai hati mereka tanpa engkau sadari! Bukan dengan sihir, bukan pula dengan jampi .. namun, dengan senyumanmu .. dan kosa katamu yang lembut .. dengan keduanya, engkau dapat menyihir!!
Oleh karena itu, tersenyumlah .. maha suci Allah yang telah menjadikan senyuman sebagai ibadah dalam agama kita, dan kita mendapatkan pahala darinya!!

Di Cina .. jika engkau tidak murah senyum, mereka tidak akan berikan lisensi kepadamu untuk membuka kedai ..
Jika engkau tidak menemukan orang yang tersenyum kepadamu, tersenyumlah engkau kepadanya!
Jika bibirmu terbuka karena senyuman .. dengan cepat .. terbuka pula hati untuk mengekspresikan isinya

Jika orang meragukanmu, bela dirimu .. jelaskan .. dan beri keterangan pembenarannya!
Jangan suka nimbrung dan mengenduskan hidungmu dalam segala urusan .. jangan pula ikut-ikutan, berposisi bersama banyak orang saat mereka bersikap!!
Wahai puteraku .. jauhkan dirimu dari hal ini .. aku sangat tidak suka kalau melihatmu seperti ini!!

Jangan bersedih wahai puteraku terhadap apa yang terjadi dalam kehidupan! Sebab kita tidak diciptakan kecuali untuk diuji dan diberi cobaan .. sehingga Allah melihat kita .. adakah kita bersabar?
Karena itu .. santai saja .. jangan keruh hati! Yakinlah bahwa jalan keluar dekat ..
“jika mendung semakin hitam, pertanda, sebentar lagi hujan”!!

Jangan meratapi masa lalu, cukuplah bahwa ia telah berlalu .. sia-sia kalau kita memegang gergaji kayu, lalu menggergaji!!
Tataplah hari esok .. persiapkan diri .. dan singsingkan lengan baju untuk menghadapinya!!
Jadilah orang yang mulia .. berbanggalah dengan dirimu!
Sebagaimana engkau melihat dirimu, begitulah orang lain akan melihatmu ..
Jangan sekali-kali meremehkan dirimu!! Sebab engkau menjadi besar saat engkau ingin besar .. hanya engkau saja yang memutuskan ia menjadi kecil!


Yoyoh Yusroh
Komisi I DPR RI
Sent from my iPad